Senin, 08 Agustus 2011


PENDIDIKAN PEMAKAI
PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI ( P4T )





 












OLEH:
Drs. Andri Pitoyo, M. Pd




PERPUSTAKAAN PUSAT
UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI

Status “Terakreditasi”

Jl. K.H. Achmad Dahlan No. 76 Telp : ( 0354 ) 771576, 771503, 771495 Kediri


K A T A   P E N G A N T A R



            Sebagai civitas akademika UNP Kediri, sudah selayaknyalah kalau mahasiswa baru mengetahui Perpustakaan UNP Kediri dan sekaligus dapat memanfaatkannya secara maksimal. Hal ini tidaklah berlebihan karena selama belajar di kampus kemungkinan besar Mahasiswa akan menghabiskan sebagian dari waktunya di Perpustakaan, baik untuk balajar maupun mendapatkan informasi yang diperlukan sebagai penunjang dan pelengkap materi perkuliahan.
            Untuk melengkapi materi OPSPEK 2009 ini Mahasiswa juga mendapatkan materi Pendidikan Pemakai Perpustakaan Perguruan Tinggi (P4T) yang lebih bersifat praktis. Semoga dengan materi P4T yang diberikan dalam kelompok besar dan kecil serta dilengkapi dengan observasi langsung ke Perpustakaan, para peserta OPSPEK bisa segera memanfaatkan Perpustakaan dengan baik untuk meningkatkan prestasi akademiknya.

Kediri, Agustus 2009
Kepala Perpustakaan
ttd.
Drs. Andri Pitoyo, M. Pd


I.                   PENDAHULUAN

Perpustakaan Perguruan Tinggi mempunyai tugas memberi pelayanan kepada civitas akademikanya dibidang pustaka dalam rangka melaksanakan program Tri Dharm Perguruan Tinggi, yaitu Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian, dan Pengabdian pada Masyarakat.
Untuk Pendidikan dan Pengajaran, Perpustakan perlu menghimpun dan meminjamkan bahan pustaka yang dapat memperluas cakrawala pandang pemakainya. Bahan pustaka yang dimasukkan dalam kelompok ini adalah buku acuan atau buku referensi, non fiksi, majalah, dan beberapa surat kabar. Untuk menunjang kegiatan penelitian perpustakan perlu menghimpun hasil-hasil penelitian baik yang telah di terbitkan secara luas maupun terbatas. Laporan hasil penelitian ini biasanya disertai dengan data statistik sebagai penunjang. Misalnya : Skripsi (hasil penelitian mahasiswa S1, Tesis hasil penelitian mahasiswa S2, Disertasi hasil penelitian mahasiswa S3 ) dan sejumlah laporan penelitian yang dimuat dalam jurnal penelitian. Sedangkan untuk menunjang kegiatan Pengabdian pada Masyarakat Perpustakaan menghimpun hasil penelitian mahasiswa yang melaksanakan kuliah kerja nyata (KKN) atau kuliah kerja lapangan (KKL).
Dalam menunjang kegiatan perkuliahan fungsi perpustakaan menjadi sangat penting karena mahasiswa bisa memanfaatkaanya untuk belajar, diskusi, dan penelusuran berbagai bahan pustaka hal ini sesuai dengan fungsi perpustakaan yang meliputi fungsi Informasi, Pendidikan, Penelitian, Budaya dan Rekreasi.
            Melalui P4T di lingkungan UNP Kediri mahasiswa diharapkan :
1.                  Sadar akan adanya jasa layanan perpustakan yang dapat dimanfaatkan
2.                  Mengenal secara baik sumber-sumber informasi yang dibutuhkan.
3.                  Mampu mempergunakan metode dan teknik penelusuran bahan pustaka.
4.                  Mampu memahami sejumlah layanan yang ada di perpustakan UNP Kediri


II.                VISI, MISI, TUJUAN DAN FUNSI PERPUSTAKAAN UNP KEDIRI

VISI                   : Mengembangkan dan memperdayakan potensi Perpustakaan untuk mendukung pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.


MISI                  1. Meningkatkan dan mengembangkan koleksi Perpustakaan
2. Meningkatkan layanan pada civitas akademika
3. Meningkatkan dan mengembangkan SDM Perpustakaan.
4. Menyelenggarakan kerjasama bidang perpustakaan dengan perpustakaan lain dan instansi terkait.

TUJUAN              : Meningkatkan, mengembangkan dan mempertinggi aktifitas dan minat baca  civitas akademika sehingga dapat mendukung kemampuan di bidang     akademik, penelitian dan pengabdian masyarakat
FUNGSI            1. fungsi informasi
 2. fungsi pendidikan
3. fungsi penelitian
4. fungsi kebudayaan
5. fungsi rekreasi

III.             MACAM SUMBER REFERENSI  DAN INFORMASI ILMIAH

            Segala aktivitas informasi memerlukan sumber informasi, sarana penyampaian dan penerima. Informasi dapat berupa keterangan yang berasal dari ide-ide pemikiran perorangan maupun kelompok yang tercetak maupun terekam, gambar data dan sebagainya. Karena keanekaragaman bentuk sumber informasi menyulitkan pengguna informasi maka sumber informasi perlu dikelompokkan menurut Subyek, format, kode atau gabungan dari unsur-unsur tersebut. Penggolongan tersebut dapat dikelompokkan ke dalam sumber primer, skunder dan tertier.
Sumber primer adalah karangan asli yang ditulis secara lengkap oleh satu atau beberapa orang. Misalnya : monografi, artikel dalam majalah, hasil penelitian, laporan langsung atau reportase (dalam bentuk rekaman) dan skripsi, tesis atau disertasi.
Sumber Skunder merupakan segala jenis ringkasan sumber primer. Sumber ini merupakan alat bantu bagi pemakai dalam menentukan jenis informasi yang diperlukan. Melalui ringkasan karangan asli pemakai dapat memilih informasi sesuai dengan bidangnya. Misalnya : ensiklopedi, kamus, direktori, buku pegangan, almanak, buku tahunan, biografi, abstrak, dan sumber referensi lainnya.
Sumber Tertier: sumber ini dapat dipergunakan sebagai informasi awal untuk penelusuran informasi berikutnya. Misalnya: bibliografi dan indeks.
IV.              KOLEKSI PERPUSTAKAAN

  1. Buku ( Sekarang 23.165 judul)
                        3.125 Keadaan Rusak/Setengah Rusak
                        20.040 keadaan baik
  1. Referensi
      1. Almanak (Contoh : Almanah Indonesia, Jakarta : BPS 1970)
      2. Ensiklopedia
      3. Kamus
      4. Skripsi, Tesis, Laporan Hasil Penelitian                                    
  1. Majalah
  1. Jurnal Ilmiah
  1. Koran
  1. CD. (Program-program Perpustakan)
  2. Ruang komputer dan internet dengan 10 unit komputer speedy unlimited dan Hotspot



V.                 STRUTUR ORGANISASI DAN BAGIAN LAYANAN PERPUSTAKAAN UNP KEDIRI
  1. STRUKTUR ORGANISASI
Text Box: BAG. LAYANAN
UMUM
Text Box: BAG. LAYANAN REFERENSI
 














 

  1. BAGIAN LAYANAN PERPUSTAKAAN
  1. Bagian layanan administrasi (LA)
: Soharto
  1. Bagian layanan teknis (LT)
a.       layanan teknis peminjaman (LTPM) : Sri Hartini
    1. layanan teknis penagihan (LTPN)     : Nanang Sugiono
  1. Bagian layanan umum (LU)
: Sutrisno
  1. Bagian layanan komputer (LK)
: Riyanto
: Ihwan Ahmadi
  1. Bagian layanan referensi (LR)
: Suprapto
B.1 BAGIAN LAYANAN ADMINISTASI (LA)
B.1.1 Pendaftaran Anggota Baru
1.      Mengisi dan menandatangani formulir Pendaftaran secara lengkap.
2.      Menyerahkan foto kopi kwitansi pembayaran dan kartu Herregritrasi.
3.      Menyerahkan pas foto berwarna dengan background merah ukuran     3 x 3 sebanyak 3 lembar atau di foto oleh staf perpustakaan.
B.1.2 Jika berasal dari Instansi atau luar kampus UNP Kediri :
1.       Mengisi dan menandatangani formulir Pendaftaran secara lengkap.
2.      Menyerahkan surat pengantar atau surat keterangan dari Instansi asal.
3.      Menyerahkan pas foto berwarna dengan background merah ukuran     3 x 3 sebanyak 3 lembar atau di foto oleh staf perpustakaan.
4.      Membayar uang administrasi Rp. 15,000,-
5.      Menerima kartu anggota perpustakaan .
6.      Menggunakan fasilitas perpustakaan.
B.2. BAGIAN LAYANAN TEKNIS (LT)
1.      Bagian Layanan Teknis Peminjaman (LTPM)
a.       Pengguna perpustakaan menyerahkan buku atau literatur (maksimal 2 buku atau literatur) ke bagian layanan peminjaman dan mengisi blanko peminjaman.
b.      Menunjukkan kartu peminjaman.
c.       Mengembalikan buku dan atau literatur yang sudah diproses oleh petugas.
2.      Bagian Layanan Teknis Penagihan (LTPN)
a.       Pengguna perpustakaan menyerahkan buku dan atau literatur yang dipinjam kepada petugas.
b.      Petugas menerimanya dengan memberikan stempel dan tanda pengembalian.
c.       Petugas menyerahkan kartu perpustakaan kepada pengguna perpustakaan sehingga kartu tersebut bisa digunakan lagi.
B.3. BAGIAN LAYANAN UMUM (LU)
Urusan Kebersihan dan Penataan ruang (UBP)
Petugas layanan umum 30 menit sebelum perpustakaan dibuka melakukan pengecekan situasi, kondisi dan semua sarana prasarana perpustakaan.
Urusan Keamanan (UK)
a.       Petugas layanan umum melakukan monitoring ke setiap ruang perpustakaan setiap 1 jam (60 menit) sekali.
b.      Mengingatkan dan memperingatkan pengguna perpustakaan jika melakukan aktivitas yang mengganggu pengguna perpustakaan lain.
c.       Mengumpulkan semua buku dan atau literatur lain yang sudah dipakai oleh pengguna perpustakaan pada meja pengembalian.
d.      Membuat catatan kejadian sekaligus laporan kepada Kepala Perpustakaan jika selama monitoring menemukan masalah.
B.4. LAYANAN KOMPUTER (LK)
1.      Surat Keluar
a.       Setelah menerima berbagai konsep surat dari layanan administrasi atau layanan yang lain, petugas LK membuat Arsip Data Komputer (ADK).
b.      Memintakan tandatangan sejumlah surat yang sudah diketik kepada Kepala Perpustakaan.
Jika terkait dengan SURAT KUNJUNGAN mahasisiwa ke perpustakaan Perguruan Tinggi lain maka prosedurnya sebagai berikut :
a.       Mahasiswa menyampaikan maksud dan tujuan kunjungan kepada Petugas LK.
b.      Menyerakkan kartu Perpustakaan yang masih berlaku kepada petugas LK sebagai dasar dan rujukan untuk membuat surat kunjungan.
c.       memintakan tanda tangan kepada Kepala Perpustakaan .
d.      menyerahkan surat kunjungan kepada Mahasiswa.
e.       surat kunjungan bisa digunakan. 
Catatan : 1 (satu) mahasiswa 1 (satu ) surat kunjungan

2.      Pengolahan Bahan Koleksi
3.      Penggunaan Ruang komputer/Internet
a.       Pengguna perpustakaan melepas sepatu dan menempatkan secara rapi pada rak sepatu yang telah disediakan .
b.      Masuk ruang Komputer / Internet , melakukan presensi tertulis sebelum menggunakan Komputer / Internet.
c.       Pengguna perpustakaan dalam memakai Komputer / Internet diberi waktu maksimal  30 menit.
d.      Setelah selesai menggunakan komputer atau internet pengguna perpustakaan langsung keluar. Komputer atau Internet dengan cara sopan, tertib dan teratur .
Catatan:
    1. Jika Mahasiswa akan mengakses sejumlah buku di perpustakaan bisa membuka web Perpustakaan UNP Kediri dengan alamat :http://192.168.1.200/index.php
Username : mahasiswa
Password : mahasiswa
    1. Mahasiswa juga bisa membuka sejumlah situs untuk mendapatkan berbagai informasi sebagai penunjang perkuliahan :
·        Perpustakaan nasional
password : research
·        Westlaw international
Username : 3USER
Password : 6823415SPDH
password : advance
ID : OFMFRSHFC4
Password : perpusnas



Tata Tertib di Ruangan Komputer atau Internet
  1. Pengguna perpustakaan wajib menjaga kesopanan, ketertiban dan kebersihan.
  2. Pengguna kumputer atau internet maksimal 30 manit setiap mahasiswa/ dosen/ karyawan.
  3. Komputer atau Internet hanya digunakan untuk keperluan perkulaihan dan kegiata yang mendukung pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.
  4. Pengguna perpustakaan dilarang membuat gaduh, merokok, membuang sampah diruangan, dan sengaja merusak sarana prasarana di ruang Komputer dan Internet.
  5. Jika terjadi kesalahan penggunaan, kerusakan atau segala sesuatu yang membuat computer / internet tidak conec pengguna segera melapor ke petugas.
  6. Tata tertib ini wajib dilaksanakan, dan apabila terjadi pelanggaran akan dikenai tindakan dan sangsi yang berlaku.

VI.              TATA CARA MASUK PERPUSTAKAAN UNP
3.      Melakukan presensi pada buku presensi yang sudah disediakan di meja presensi.
4.      Menyimpan tas, jaket dan buku paket / diktat pada loker yang sudah di sediakan dan mengunci loker.
5.      Masuk ruang perpustakaan dengan memperhatikan hal-hal berilut ;
a.       Menemukan, membaca buku atau literatur yang dibutuhkan secara mandiri (perpustakaan UNP Kediri menggunakan sistem layanan terbukai).
b.      Jika buku / literatur yang sudah ditemukan akan dibaca dan ditulis maka pengguna perpustakaan harus melakukannya di ruang baca.
c.       Jika buku dan literatur yang sudah ditemukan akan dipinjam, pengguna perpustakaan wajib ;
1)      menyerahkan buku atau literatur tesebut ke layanan teknis dan mengisi Blanko peminjaman .
2)      menunjukkan kartu perpustakaan.
3)      mengambil buku atau literatur setelah diproses petugas.

VII.           PERATURAN UMUM
Pengguna Perpustakaan UNP Kediri diharapkan
  1. Berpakaian rapi (baju/kaos bekerah), sopan, dan bersepatu.
  2. Menjaga kebersihan, ketertiban, ketenangan, dan KEJUJURAN.
  3. Menyimpan buku pribadi, tas, jaket, dan topi di rak yang telah disediakan.
            (Jangan lupa mengunci rak yang dipakai dan menyimpan kunci rak)
  1. Merusak dan menghilangkan koleksi.
  2. Membuat gaduh di ruangan.
  3. Makan, minum, dan merokok di ruang baca.
  4. Melakukan aktivitas di ruang Perpustakaan untuk keperluan Non-Akademik.


VIII.        PENELUSURAN BAHAN PUSTAKA

Koleksi Perpustakaan perlu dibuatkan suatu daftar agar pemakai perpustakaan mengetahui bahan pustaka yang diinginkan. daftar itu disebut katalog, jadi katalog merupakan sistematika daftar buku / bahan pustaka yang memberikan informasi tentang pengarang, judul, edisi, penerbit, tahun, tampilan fisik dan informasi yang perlu lainnya. Pemakai perpustakaan mencari suatu buku paling tidak harus mengetahui salah satu dari sejumlah unsur tersebut. Berdasarkan pertimbangan ini maka kartu katalog disusun berdasarkan pengarang (katalog pengarang), judul (katalog judul), dan subjeknya (katalog subjek). Contoh: buku dengan judul “Prespektif Pendidikan Anak Berbakat”, akan mempunyai tiga kartu katalog sebagai berikut:

Katalog Judul :  
Perspektif Pendidikan Anak Berbakat



1
Kode buku
371.9.SEM.P
2
Judul Buku
Perspektif Pendidikan Anak Berbakat
3
Jenis Buku
Pendidikan
4
Tempat
Rak C-1
5
Pengarang
Conny Semiawan
6
Penerbit
Gramedia Jakarta 2001

Katalog Pengarang :
Semiawan, Conny
1
Pengarang
Conny Semiawan
2
Kode buku
371.9.SEM.P
3
Judul Buku
Perspektif Pendidikan Anak Berbakat
4
Jenis Buku
Pendidikan
5
Tempat
Rak C-1
6
Penerbit
Gramedia Jakarta 2001




Katalog Subjek:
Pendidikan
1
Pengarang
Conny Semiawan
2
Kode buku
371.9.SEM.P
3
Judul Buku
Perspektif Pendidikan Anak Berbakat
4
Jenis Buku
Pendidikan
5
Tempat
Rak C-1
6
Penerbit
Gramedia Jakarta 2001





Catatan: untuk sementara katalog sistem baru yang sudah siap adalah katalog judul.


IX.              CARA MENEMUKAN BUKU DI RAK
1. Mencermati klasifikasi buku berdasarkan sistem DDC, yaitu:
            000      KARYA UMUM
            100      FILSAFAT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar